Belajar Membuat Skenario Game yang Keren (Bag. 1)


Sebuah Game apalagi pada genre2 khusus seperti RPG (Role Playing Game), RTS (Real Time Strategy), Adventure dll. tanpa sebuah skenario yang menarik seolah sayur tanpa kuah, walaupun game tersebut sangat adiktif tetapi tanpa adanya suatu cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian2 dalam game tersebut, rasa-rasanya game tersebut jadi hambar begitu kita menyelesaikannya.

Sebagai seorang developer game, tentunya ingin tahu khan bagaimana cara membuat skenario game yang keren agar setiap orang yang memainkan game kita akan terus teringat sepanjang masa, ada beberapa tips yang mau saya bagikan pada para pembaca semua, semoga dapat bermanfaat. OK, mari kita mulai pada tips yang pertama…

Tips Number One:

Jangan memulai dengan cara yang biasa-biasa saja, contohnya:

Pada Suatu hari terdapat seorang anak yang baik hati dan tidak sombong,
namanya...

atau begini:

Cerita ini berkisah tentang seorang pahlawan yang menyelamatkan seorang
putri dari cengkraman monster yang jahat...

nah model cerita seperti ini akan membuat orang yang membaca ceritanya akan bosan sejak awal. Atau ceritanya mudah ditebak.

Alangkah lebih baik kalau ceritanya dimulai dengan cara yang lebih sensasional seperti:

Lari..., dan aku terus berlari,
Suara-suara itu terus menderu di belakangku,
"kembalilah pada kami...," seru salah satu suara yang memekakkan telingaku,
"Kami tidak akan melukaimu...," seru suara serak lain,
Aku tidak pedulikan suara-suara itu, aku terus berlari...

Atau seperti ini:

Enthrea...,
Tempat di mana perang terus terjadi...,
Tempat di mana pertikaian tak kuasa tuk berhenti...,
Tolong..., tolonglah kami...,
Kami butuh seseorang untuk menghentikan penderitaan kami...
Tapi siapa...?

Buatlah orang yang mengikuti cerita penasaran sejak awal kali mereka mengikuti ceritanya, hal seperti ini sering saya temui pada cerita Game seperti Final Fantasy, contohnya FFVII (Cloud dkk. turun dari Kereta Api lalu meledakkan Mako Reactor No.1), hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa mereka meledakkan Mako Reactor? Siapa sebenarnya Cloud dkk? FFVIII (Scene awal di mana Squall bertarung melawan Seifer) yang membawa kita pada pertanyaan Mengapa Squall bertarung melawan Seifer? Ada hubungan apa mereka sebenarnya?, dll, kemudian pada Valkyrie Profile: Silmeria (Tiba-tiba Alicia/Silmeria dikejar-kejar oleh Hrist). Cerita model begini juga sering terdapat pada banyak RPG lainnya.

Begitu sesorang penasaran akan ceritanya, maka cerita dalam game tersebut akan selalu diikuti dan akan selalu ditunggu kelanjutannya. Jadi jangan buat awalan yang biasa-biasa saja. Nah untuk tips berikutnya, saya tunggu dulu komentar dari para pembaca, OK…

Tuhan memberkati,

Iklan

5 Komentar

  1. Wah Ok juga bahasannya, walaupun aq gak ngerti game tapi lumayan tertarik. Lanjut terus ya. Sukses.
    GBU – Hettyca

  2. Tul juga yak :mrgreen:
    bulan lalu saya habis main Prince of Persia the Warior Within (genre: advanture). Baru mulai aja si prince dah dikejar” ama si monster kambing item gede(lupa namanya :mrgreen: ), jadi penasaran deh, udah klar sih tapi kayaknya ceritanya blum abis, skarang nih lagi nyari Two Throne-nya. 😈

  3. Wah pingin juga belajar…bisa dong kalo di tayangin tutorial plus softwarenya yg bisa didownload free

  4. To n3tg33ks:
    Terima kasih atas komentarnya, memang game2 dari developer besar seperti Prince of Persia memiliki storyline yang sangat menarik, oleh karena itu cerita pada akhir suatu game dibuat agak mengambang, supaya pemain membeli seri keduanya hehehe…
    To Zharfano:
    Terima kasih atas komentarnya, wah kalau software untuk buat cerita belum ada, tapi mungkin saya bisa kasih tutorial untuk membuat cerita yang keren melalui tips2 yang bersambung, ditunggu saja kelanjutannya ya.
    Tuhan memberkati
    Jasprelao

  5. […] Belajar Membuat Skenario Game yang Keren (Bag. 1) […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Motivasi minggu ini:

    Ketika kita berkata pada suatu tugas, "ah pasti aku tidak bisa...", maka selamanya kita tidak akan pernah bisa mengerjakannya. Namun jika kita berkata, "jika aku berusaha, pasti aku bisa...", maka kita akan dapat menyelesaikannya.
  • Jalanilah hari2mu dengan penyertaan-Nya

    November 2007
    M S S R K J S
    « Okt   Des »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Animo Masyarakat Luas

  • Iklan