Belajar Membuat Skenario Game yang Keren (Bag. 2)


Nah udah baca tips pertama tentang membuat skenario game yang keren bagian 1? Tulisan tersebut saya post juga di gamedevid dan mendapat sambutan cukup hangat, hal ini bisa kita klik di gamedevid forum ada yang mau beri komentar lain? saya tunggu ya…, nah tanpa berlama-lama lagi, maka saya akan menambahkan sebuah tips lagi. Yuk kita lihat bareng-bareng.

Tips number two:

Jangan lupakan latar belakang tiap karakter utama, mengapa mereka terlibat dalam cerita.

Namun jangan langsung mengeksposnya habis-habisan, tetapi, biarkan pemain membuka sedikit demi sedikit tentang latar belakang sang karakter melalui event dalam game, ketika sang karakter berdialog dengan karakter lain, pikiran sang karakter, atau perkataan orang lain tentang karakter tersebut, bahkan dari skill yang dipelajari sang karakter ketika dia naik level.

Apabila sepanjang game, ternyata karakter utama kita memiliki latar belakang tipikal cerita yang biasa-biasa saja, mungkin kita tidak akan terlalu kaget ketika mengetahuinya, misalnya:

Sebut saja si A, seorang pria tampan yang baik hati, lugu dan memiliki rasa keadilan tinggi dia harus berjuang melawan seorang raja yang kejam dan bertangan besi untuk membebaskan para penduduk dari cengkraman raja tersebut...

hal ini memang bagus untuk karakter utama, hanya saja gregetnya kurang, apalagi kalau karakter tersebut kita buat tanpa cacat, misalnya dia tidak pernah berbuat salah, selalu menolong dan selalu menang melawan kejahatan, mungkin ini cocok untuk game2 bagi adik2 kita yang perlu diajari tentang kebaikan selalu menang melawan kejahatan. Tetapi untuk remaja dan dewasa, mungkin hal ini sudah klise dan membosankan.

Coba buat karakter utama, yang pada akhirnya akan membentuk latar belakang seperti contoh ini:

Floodz Amadeus, seorang pria yang merupakan seorang prajurit dari pasukan pembebas, pasukan ini mulanya bertujuan mulia untuk membebaskan rakyat dari kekejaman pemerintah yang ada di Enthrea saat itu, namun tujuan pasukan pembebas ini berbelok setelah merasakan enaknya berkuasa, sehingga mereka mulai menghancurkan para penduduk yang menjadi pendukung sang pemerintah.
Floodz yang mengetahui hal tersebut berusaha dihabisi oleh salah satu pimpinan dari pasukan pembebas yang ternyata adalah sahabatnya sendiri. Saat ia akan dibunuh, beberapa rekan prajurit pasukan tersebut mengorbankan diri agar ia selamat. Floodz depresi, apalagi masyarakat memandang prajurit pasukan pembebas adalah pembunuh berdarah dingin dan pemerintah mengejar2 dia sebagai buronan hukuman mati. Saat itulah dia menemukan secercah harapan…

(diambil dari Soldiers of Heaven, proyek game RPG saya yang saya buat dengan RPG Maker 2003)

Di lain pihak kita akan membuat karakter wanita untuk mendampingi karakter utama seperti ini:

Si B, putri dari kerajaan X yang jatuh cinta pada A dan mengikuti petualangan si A untuk membasmi kejahatan.

Karakter B dengan latar belakang seperti ini akan mudah dilupakan orang, dan tampaknya porsi perannya hanya sebagai pendamping dan pelengkap bagi karakter A. Jadi alangkah lebih baik jika karakter tersebut dibuat seperti ini melalui event-event dalam game:

Simphony Harmonia, seorang gadis desa yang desanya telah dihancurkan oleh pasukan pembebas di mana Simphony melihat dengan mata kepalanya sendiri Floodz terlibat dalam menghabisi penduduk desa termasuk keluarganya. Pertemuan berikutnya dengan Floodz adalah saat Floodz hampir dibunuh oleh sang pemimpin pasukan.
Hati kecil Simphony bergetar untuk menolongnya, tetapi ia mengingat akan masa lalu Floodz yang membunuh keluarganya dan menghancurkan masa depannya. Dengan berlinang air mata akhirnya Simphony memutuskan untuk menolong Floodz, dan…

(diambil dari Soldiers of Heaven, proyek game RPG saya yang saya buat dengan RPG Maker 2003)

Lalu untuk karakter musuh utama, biasanya akan muncul seperti ini:

Seorang raja yang serakah dan kejam, ia haus kekuasaan dan ingin menguasai seluruh dunia.

Tipikal musuh seperti ini juga sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sudah kurang menarik bagi sebuah game yang seperti RPG. Coba buat seperti ini:

Sarx, ia tidak pernah dikenal orang, ia tidak pernah diingat orang, ia hanyalah seorang anak yang ibunya dihukum mati di depan rakyat banyak karena disangka penyihir dan ia tidak pernah mengenal sang ayah yang meninggalkan ibunya saat ia masih dalam kandungan. Sarx kecil hidup kesepian dan tanpa kasih sayang, bahkan kalau ia matipun tidak ada yang peduli. Di balik itu semua ia adalah seorang yang sangat cerdas dan pekerja keras, dengan berbekal kegigihan dan kerja kerasnya, akhirnya ia berhasil duduk sebagai seorang yang paling berkuasa dalam pemerintahan.
Sarx hanya ingin membuktikan kalau seorang anak yang tak diinginkan dapat menjadi orang besar yang berhasil. Sayang, pertemuannya dengan Mardhuk, sang penasehat pemerintahan, membuat sifatnya berubah menjadi orang yang penuh angkara murka dan kedengkian. Ia selalu menuruti keinginan Mardhuk walaupun hal tersebut menghancurkan reputasi dan masa depannya, karena Mardhuk berjanji akan menghidupkan kembali sang ibu yang sangat ia cintai…

(diambil dari Soldiers of Heaven, proyek game RPG saya yang saya buat dengan RPG Maker 2003)

Nah dengan latar belakang yang kompleks begitu, maka sang karakter utama akan mendapat porsi yang selayaknya dalam game tersebut, dan pemain menjadi turut merasakan perasaan si karakter utama, karena menurut saya karakter yang menarik adalah karakter yang “tidak sempurna”, dan karakter seperti ini lebih manusiawi dan dekat dengan para pemainnya.

Ada beberapa game yang sangat bagus dengan memberikan peran karakter utama pada lebih dari 1 orang, contohnya Final Fantasy VI, di mana setiap karakter memiliki latar belakang yang sangat kompleks (Saya sampai bingung, karakter utamanya Terra, Celes atau Locke sih? Tapi semua karakter lainnya punya latar belakang yang bagus), kemudian pada Riviera:The Promised Land di mana setiap karakter (Ein, Lina, Fia, Serene, Cierra) memiliki latar belakang yang sama kuat untuk melawan kehendak dewa, dan tokoh antagonisnya (Ledah) memiliki suatu latar belakang khusus mengapa ia harus melawan sang tokoh utama.

Dengan latar belakang yang mengena, saya rasa cerita dalam game kita akan semakin ditunggu dikenang oleh siapapun yang memainkannya. Tunggu tips berikutnya ya…Tuhan Memberkati

Iklan

15 Komentar

  1. salam kenal mas jason..

    gwa dulu adek kelasnya mas jason di SMUNSA temennya salmon..

    hehehe jd kepengen jd game master nih

  2. masuk ke blogku dong…

  3. salam kenal

  4. wah wah keren.. lam kenal ya.
    bisa nih tanya2.. hehehe.. sudah buat apa sj nih gamenya?

  5. @dreesyach:
    Udah ada beverapa sich, misalnya Soldiers of Heaven, Saving Kantan, de el el
    Coba cek di sini : http://www.ftigamedev.tk

    Thanks…

  6. mas jason ,,,,,, slam kenal …….. saya adalah penggemar berat game…..dari dlu kepengen jadi game master,,,,,,,,,tips cool……:>

  7. Eh… Panggil apa ya enaknya… Kakak aja deh.
    Oya kak, salam kenal, saya siswi SMK dari sidoarjo. Setelah baca postingan ini saya jadi tertarik karena saya juga hobi maen game ^dan sekarang lagi coba bikin juga^
    Tipsnya bagus lho, makasih ya^^

    • Salam kenal Hana, saya memang mengkonsentrasikan diri di bidang pengembangan game, terutama pada bagian story, concept dan artwork, kalau ada hal2 yang mau ditanyakan langsung aja email saya di jasprelao@yahoo.com

  8. artikel yang menarik, boleh di co-pas ke web ku ga? [izin dulu deh..=D

    • silahkan dicopas, tapi cantumkan nama pembuat aslinya yach thanks…

  9. bagus skenarionya, untuk buat game 3 dimensinya bisa lihat tutorialnya di http://pckuonline.co.cc

  10. Salam kenal, jason. Saya juga suka bidang pengembangan game.

  11. […] Desember 5, 2007 Kategori: Artikel Game . . Penulis: jasprelao . Komentar: 12 Komentar […]

  12. sekenario game nya keren…

  13. Hmmmmm….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Motivasi minggu ini:

    Ketika kita berkata pada suatu tugas, "ah pasti aku tidak bisa...", maka selamanya kita tidak akan pernah bisa mengerjakannya. Namun jika kita berkata, "jika aku berusaha, pasti aku bisa...", maka kita akan dapat menyelesaikannya.
  • Jalanilah hari2mu dengan penyertaan-Nya

    Desember 2007
    M S S R K J S
    « Nov   Jan »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Animo Masyarakat Luas

  • Iklan